Ngangkot yuuks!

Tips supaya tidak terjebak pada angkot yg suka ngetem lama

Posted in ngangkot, tips n trik by Maydina Zakiah on September 18, 2010

Kadang saat di terminal kita menjumpai angkot yang suka ngtem lama.. Dengan gerak-gerik dan mimik wajah yang sudah tidak karuan, para penumpang memancarkan kegelisahan menunggu lama, takut terlambat, dan berbagai alasan lainnya. Akan tetapi sedikit dari penumpang yang mau menegur atau mempertanyakan kapan angkot tersebut akan beranjak pergi alias tidak ngetem lama. Nah bagi para pengguna angkot khususnya KWK atau mikrolet, berikut ini sedikit tips n trik supaya tidak terlalu lama menunggu angkot yang ngetem:

  1. Perhatikan sekeliling saat hendak naik angkot, apakah penumpang sudah mencapai 2/3 dari keseluruhan? Jika iya, berarti diprediksi takkan begitu lama lagi angkot tersebut mengetem.
  2. Kalau banyak yang ngetem, anda dapat mensiasatinya dengan berjalan ke depan menjauhi angkot tersebut..tunggu saja di situ untuk sementara…lalu lihat angkot mana yang duluan berangkat, baru berhentikan untuk menaiki angkot pilihan tersebut. (more…)
Tagged with: , ,

Tips n trik naik busway di bulan Ramadhan..

Posted in busway, ngangkot, safety, tips n trik by Maydina Zakiah on August 22, 2010

Aslkm.Wr.Wb.
Apakabar semua angkoters? Semoga dalam keadaan baik dan tetap semangat menjalani ibadah di bulan Ramadhan ini. Nah… sedikit sharing untuk rekan-rekan pengguna transjakarta/buswe jika sering pulang kantor/kuliah/etc di saat menjelang maghrib atau saat berbuka. Tips itu diantaranya:
1.Persiapkan makanan n minuman kecil untuk berbuka di dalam tas…hehehe tahu sendiri kan kalo sore hari kadang antriannya di halte seperti apa? Bikin emosi jiwa n hati bukan?…Nah terkadang bisa jadi pas buka puasa masih ngantri.. oleh sebab itu siapin deh di dalam tas…secukupnya aja..
2.Bawa buku kecil/novel/komik/apapun itu tuk menghilangkan kebosanan saat ngantri…Bulan ramadhan identik dengan latihan menahan hawa nafsu.. kadang antrian yang panjang membuat kita lelah hati dan pikiran dan tidak jarang menimbulkan emosi. Nah dibanding ngedumel, bt, n kesel atau bengong gak jelas..mending nikmati aja tuh dengan baca buku/komik/alma surat (itu lebih baik) sembari nunggu.. Pengalaman membuktikan, kadang nggak terasa tiba-tiba posisi antrian kita sudah sampai depan busnya deh…
3.Siapin headset hp/mp3 yang diisi dengan lagu-lagu penyemangat/islami yang memberikan ketenangan.. atau dibanding mati gaya, sembari ngantri yah online dari hp aja biar nggak BT heheh😉 (beberapa kali observasi, tips yang ini udah sering dilakukan oleh penumpang busway.. kadang saya lihat ada 6-8 orang melakukan ini🙂 )
4.Ngobrol n kenalan ama penumpang di depan/belakang antrian kita…Nah kalau nggak bawa perlengkapan di atas, dibanding BT mending bersosialisasi sesama penumpang busway hehehe..biasanya perasaan senasib dan sepenanggungan membuat komunikasi lebih mudah terjalin hehehe…
5.Apa lagi ya? Ada saran atau masukan? Jika ada silahkan ditambahkan dengan cara mereply postingan ini…nanti akan saya edit kembali postingan ini😉

Sedangkan tips n trik supaya barang bawaan aman:
1. Jangan suka berdiri dekat pintu di saat sudah di dalam transjakarta/busway..sebab di situ justru rawan copet lho..
2. Kalau menggunakan tas gemblok, lebih baik saat naik/ ngantri busway, posisi tas diletakkan di depan, supaya aman dari tangan2 jahil.
3. Jika tidak dapat tempat duduk, berdirinya sebaiknya di sebelah kiri belakang… (kalau saya pribadi, posisi ini adalah posisi favorit saya jika tidak dapat tempat duduk…kenapa? Sebab bisa naro barang di bawah sembari nyender dikit plus nggak kena disuruh geser-geser lagi..sebab udah paling pojok dan orang2 pada malas biasanya berdiri di situ…). Trendnya kan pada suka berdiri empet-empetan di dekat pintu keluar..bukan begitu? Hehehe
4. Berdo’a dan tetap waspada

Yup segini dulu..semoga bermanfaat hehehe..;)

Tagged with: , , ,

Siapkan uang pas supaya mempermudah supir/kenek angkot…

Posted in ngangkot, safety, tips n trik by Maydina Zakiah on April 4, 2010

Kadangkala tidak sedikit penumpang yang kesel kalo tidak ada kembalian dari bayaran angkot. Yah dibanding ngedumel, kenapa sih kita nggak coba siapin uang pas atau recehan saat ngangkot?…Mungkin ada yang bertanya apa sih manfaatnya kalo kita siapkan uang pas?
Berikut ini beberapa manfaatnya:
1.Kalau kita bayar dengan uang pas, saat turun angkot..semisal supir angkotnya nuruninnya nggak benar-benar di pinggir jalan, paling nggak dengan uang pas…kita mempercepat dia tuk pergi dari titik dia menurunkan kita dan kitapun nggak kena klaksonan dari orang-orang yang berkendara di belakang angkot yang kita turuni itu. (more…)

Awas copet!…Waspada selalu dimanapun berada

Posted in curcol, ngangkot, safety, tips n trik by Maydina Zakiah on April 4, 2010

Humm…pernah dulu kecopet… gara2 kurang men-save barang-barang di tas.
Setelah beberapa kejadian dahulu, berikut ini sedikit tips n trik tuk mengantisipasi copet…(Insya Allah)
1. Waspadai saat hendak turun dari bis di tempat-tempat yang biasa memang penumpang berdesakan tuk turun semua (contoh: terminal)
Pada kondisi ini, terkadang bisa jadi copet bergerombol, yang satu berada di depan kita, yang lain dibelakang kita..biasanya mereka yang dibelakang kita mendesak/mepet2 ke kita, sedangkan yang di depan kita memperlambat laju langkahnya tuk turun. Solusinya? Kalo menggunakan tas gemblok, segera pindahkan ke sebelah depan badan kita, dan tegor depan kita tuk segera turun.
(more…)

Tagged with: , ,

Ngangkot: naik menggunakan kaki kanan, turun menggunakan kaki kiri

Posted in gaya hidup, ngangkot, norma, safety, tips n trik by Maydina Zakiah on April 4, 2010

Seringkali kita mendengar kenek angkutan umum berteriak kepada penumpang yang ‘buandel’ n keras kepala untuk naik angkot dengan kaki kanan dan turun angkot dengan kaki kiri. Kenapa sih harus begitu? Sebenarnya jika kita pahami, hal yang terkadang sepele ini, sangat penting lho. Ketika kita naik kendaraan umum, bus/kopaja/angkot berada di sebelah kanan kita, sebab trotoar berada di sebelah kiri. Otomatis, jika kita menggunakan kaki kanan saat naik, posisi kita akan searah dengan laju bus/angkot, jadi kemungkinan kita jatuh akan lebih kecil, dibanding kita ngotot naik menggunakan kaki kiri.
Sebaliknya saat kita turun, dengan menggunakan kaki kiri terlebih dahulu, secara disadari/tidak merupakan cara yang lebih aman sehingga kita terhindar dari terselengkaknya kaki kita sendiri. Kenapa? Sebab jika kita turun menggunakan kaki kiri, posisi badan kita akan searah dengan laju bus/angkot, sehingga kemungkinan kecil kita akan terjatuh secara tidak seimbang.
Nah tapi dasar kadang masih aja ada penumpang yang buandell bukan?…ngotot naik dengan menggunakan kaki kiri dan turun menggunakan kaki kanan…
Kalo jarang naik angkot, wajar sih penumpang awam melakukan hal seperti ini..tapi kalo yang sering ngangkot alias angkoters..sepertinya kudu kembali bercermin deh..sudahkan menjadi angkoters yang mempertimbangkan aspek keamanan diri sendiri?

Trend orang metropolitan kalo naik bus…

Posted in curcol, gaya hidup, tips n trik by Maydina Zakiah on April 1, 2010

Sedari SMP hingga sekarang, diriku melanglang buana di berbagai bus kota. Mulai dari yang nyaman ber-AC hingga yang merakyat pun sudah dijelajahi..
Namun ada satu yang sma diantara semuanya yaitu:

‘Penumpang di kota metropolitan ini pada sukanya berdiri di deket pintu..’ dan jarang sekali mau di tengah (meskipun jarak dia turun masih jauh…)

Hanya sedikit orang-orang yang sadar diri untuk masuk ke tengah (bagi yang turunnya masih jauh..). Padahal tuh di tengah tuh lebih enak..knapa? biasanya longgar…lebih aman dari copet, dan jarang bolak-balik diganggu ama orang yang mau turun…Namun apa mau dikata, pola pikir penumpang lebih banyak yang suka ‘berdiri di deket pintu’ dengan alasan..’gampang keluar/turunnya’

(more…)

Tagged with: , ,

Tips redam emosi saat naik busway

Posted in busway, tips n trik by Maydina Zakiah on March 31, 2010
Kadang lagi nunggu antrian panjang bikin esmosi bukan?..nah dibanding ikutn emosional, mending juga melakukan hal-hal di bawah ini..berikut sedikti tips n triknya
  1. Bawa komik/novel kalo ada rencana mo naik busway, jadi kalo ngantri panjang..dibanding ngabisin waktu dengan mengeluh atau ngelihatin yang nggak penting, mending juga baca komik/novel
  2. Online aja FB/twitter/cek email n browsing2 dari hp kalo lagi ngantri panjang kek uler naga panjangnya sembari dengerin lagu2 kalo bawa MP3 atau Ipod
  3. Kalo nggak bawa apa2… yo wes nikmatin aja dengan melihat gaya-gaya para penumpang busway sembari mikir ide tuk dijadikan tulisan dalam blog hehehe
  4. Nyari inspirasi buat ide apa kek dengan melihat sekeliling..
Tagged with: , , ,

Tips n trik supaya survive jadi penumpang busway

Posted in busway, tips n trik by Maydina Zakiah on March 31, 2010
Setelah pengalaman 2 tahun, n merhatiin berbagai bentuk kejadian depan mata, mulai dari desak2an yang dilakukan penumpang saat antrian panjang, nglihat kenek busway sempet mo brantem ama salah seorang penumpang karena tiba2 trayeknya berubah, berikut ini sedikit tips n trik buat para busway mania…
Kondisi 1:
Kamu lagi cepet-cepet menuju suatu tempat, tapi antrian panjang di depan n penumpang yang di dekat pintu menahan tuk tidak mau masuk busway karena inginnya duduk… Nah sedangkan abang2 kenek busway dah teriak2 nanya siapa lagi yang cepat2…Solusinya gimana?
Solusi:
Angkat salah satu tanganmu tinggi2, sembari bilang..”tunggu2…saya mau…”. Kenapa harus angkat tangan, biar gampang terlihat. Meskipun kamu berada jauh dari depan pintu naik, Biasanya abang2 kenek n petugas busway sekitar situ akan berusaha memberi jalan untukmu…srius..!
Hikmah: mungkin ada yang bertanya n mikir..ngapain toh cepat2, kan nggak dapat tempat duduk…Yah kembali ke diri masing2..mo cepat tapi berdiri, atau mau lama tadi duduk (kalo kebetulan dapat)… terserah
Kondisi 2:
Di dalam udah penuh..tapi ternyata di pintu depan dekat supir ada ruangan cukup duduk
Solusi:
Yah udah, duduk aja lesehan di bawah…ngapain malu ama penumpang, kalo emang udah capek, cuek aja lagi..tapi dengan konsekuensi paling celana/roknya kotor dikit lah
(more…)
Tagged with: , ,
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.